PERAWATAN ALAT

PERAWATAN REEL

Bagaimana cara kita merawat reel atau joran ,biar barang yang selalu kita pakai akan bertambah awet . Ada beberapa cara untuk membuat alat kita menjadi lebih awet .
Walaupun sebenernya material yang di buat sudah banyak yang mengandung bahan steel, ( anti karat ) tapi ini semua masih juga bisa berkarat kalau kita tidak pernah mencuci dan merawatnya .

CARA MERAWAT :
1. Peralatan yang kita pakai sesudah mancing , lebih bagusnya harus kita cuci dengan air biasa jangan di masukkan ke air atau di rendam. Kenapa hal ini tidak di perbolehkan ? Hal yang semacam itu ( alat reel ) kalau di rendam justru dapat membuat reel kita cepet rusak , pertama pada Ball Bearingnya , meskipu bahan dari stainlees . dan yang kedua bagian bagian yang bisa berputar akan tidak lancar . Sehingga bisa membuat reel kita justrulebih cepat rusak .

2. Penjemuran alat setelah kita cuci.
Hal ini akan lebih ketahuan jika kita mencucinya tidak bersih . sehingga akan timbul bercak bercak putih yang mengkristal ( air garam )

3. Reel atau joran yang sudah kita cuci , kemudian kita semprot pakai cairan kimia WD 40.
langkah yang terakhir setelah penyemprotan selesai , kemudian kita bersihkan pakai kain yang halus sampai betul betul bersih .

4. Perawatan pada Spool dan Benang PE , atau Braid
Langkah yang pertama kita ambil air hangat dan kita rendam , semakin kita mengulang perendaman ke air hangat akan lebih bagus .
Dan sebenernya ada cara yang lebih bagus dari itu , tapi hal ini memang lebih merepotkan kita untuk melakukannya . Kenapa ?
Hal yang semacam ini setelah kita selesai memancing , semua benang PE , atau Braid yang kita pakai , kita keluarkan ke penggulung lainnya . Dan untuk spool di cuci sendiri .
Ini akan membuat awetnya spool . Dan kita bisa leluasa membersihkanya , karena kalau benang yang kita pakai tidak pernah kita buka , atau membuka kalau benang kita habis , itu akan membuat semakin cepetnya korosi pada spool .Apalagi spool shimano navi , kita harus super extra untuk merawatnya , dan sering kita buka .

5. Pemaslinan atau mengasih pelumas pada bagian dalam reel .
Hal yang terakhir ini kita tidak perlu membuka setiap kita selesai mancing,tapi yang jelas kita akan lebih mengetahui kapan kita harus membuka dan menganti pelumas . Yang jelas jangan terlalu lama .Di samping kalau kita membuka kita bisa mengetahui kondisi onderdil dalamnya .
Baik Ball Bearingnya ataupun yang lainnya .

NB : Mudah mudahan dengan tips ini bisa bermanfaat dan bisa membuat awetnya alat yang kita cintai





1 komentar:

ekoprihanto mengatakan...

untuk senar yang bukan pe apakah perlu di rendam di air hangat bos

Poskan Komentar