JORAN BAMBU











Joran Bambu .
Joran bambu sudah tidak asing lagi di kalangan jogjakarta .
Kenapa dan bagaimana hal yang semacam ini bisa terjadi di jogjakarta.
Enaknya di mana ?
Bahkan hal ini sudah puluhan tahun ada di jogja , jangan salah joran bambu harganya bisa sampai jutaan rupiah.
Kenapa bisa mahal? dan kenapa para mania di jogja pilih yang beginian?
Hal yang semacam ini yang perlu harus kita ulas .
Jogja.........Sudah begitu lama joran bambu ngetren di jogja , bahkan untuk para mania kususnya pemancing kolam mayoritas pakai joran seperti ini .
Keunggulan dari joran yang tanpa reel ini , untuk sensitifnya lebih terasa dari pada menggunakan reel yang terpasang di joran , makanya untuk para mania kolam di jogja pakai joran bambu yang di rakit dengan grafit yang beraneka ragam , di mulai dari segi harga grefite , bahkan 1 joran bambu sampai jutaan rupiah harganya .
Ini sangat mengherankan ..... justru beli barang yang sudah tinggal pakai , malah di rusak lagi untuk di set dengan bambu.
Harga bambu sendiri yang bagus harganya sampai ratusan ribu rupiah.
Ciri bambu yang bagus ..... itu bagaimana ?
Bambu yang bagus adalah bambu dari pegunungan yang tumbuh di daerah tandus , sehingga batangya beruas pendek- pendek . Dan yang biasanya di cari yang bagaimana?


Ciri bambu yang bagus :
1 Beruas pendek dengan susunan yang bagus
2 Agak gepeng
3 Ada stangnya ( maksut dari stang adalah : bambu yang berkarakter mempunyai ruas yang
pendek pendek , kemudian ada satu ruas yang panjang di bagian ujung . adapula dua ruas
pada ujung )
4 Umur bambu yang sudah tua .
5 Mempunyai ciri yang mengerucut , dari besar ke kecil
6 Bambu yang sudah di tarang sampai berbulan bulan , di taruh diatas dapur masak yang
menngunakan bahan kayu bakar . Untuk mendapatkan hasil warna yang kecoklatan ,
semakin lama kita menarang akan mendapatkan hasil yang lebih sempurna .
Dari warna yang semakin coklat dan bambu yang lebih ulet .
Hal ini perlu proses yang lama , makanya harga 1 bambu sampai ratusan ribu rupiah .
Joran Bambu mempunyai karakter yang unik dari joran yang lainnya .
Disamping juga punya spesifik yang macem- macem untuk jenis mancing ikan .
joran bambu yang special untuk tombro, lain lagi yang digunakan untuk bawal atau
memancing ikan lele.
Joran yang dipergunakan untuk mancing ikan tombro ( ikan emas ) mempunyai karakter yang
lebih sensitif dengan kelenturan yang agak sof. Dan bambunya juga . biasanya bambu
ukurannya lebih kecil .
Dan untuk memancing ikan bawal , ikan lele, memerlukan karakter yang sifatnya hard. untuk
bambu juga lebih keras . Dan biasanya lebih besar dari ukuan bambu untuk ikan mas .
Dengan berbagai ke unikan joran bambu yang selama ini ada di jogjakarta , sehingga menjadi suatu tradisi keunikan yang ada di jogjakarta .
Dengan karakter seni yang lebih , juga bisa menjunjung kota jogja , sebagai kota seni yang tinggi .
Untuk itu , jika anda menggunakannya dengan joran bambu yang tanpa reel ini , tidaklah mudah . dan perlu suatu latihan yang tidak bisa memakan waktu yang singkat .

Anda tertarik ...?
Joran bambu gudangnya untuk di jogja , dan pengrajinnya sendiri sudah terlalu banyak .
tapi untuk kwalitas pengrajin berbeda-beda.
Hal apa yang perlu kita ketahui .... untuk membuat joran bambu ...?
Banyak sebetulnya yang harus kita lakukan untuk membuat custom rod dari bambu ini .

1 Kita harus bisa mengetahui back bone dari pada bahan yang mau diset ke bambu .

2 Grafite yang bagaimana ? kita harus paham bener kwalitasnya .

3 Untuk mancing apa? kita harus bisa membuat setinggan . ( untuk mancing apa? )

4 Setingan harus balance dengan titik yang udah kita ketahui, sehingga hasil kalau di pakai akan
enak dan nyaman .

5 Dengan tecnik coting menggunakan bahan apa ?
Biasanya , kebanyakan finising untuk kwaluitas menggunakan clear yang berkelas .
hasil bisa bagus , tapi biasanya tidak bisa bertahan lama, jadi kalau yang bagusnya , ada cairan
kusus untuk membuat agar lebih awet . ( yaitu menggunakan resin Kusus untuk coting rod )
Buatan america. dengan harga yang cukup lumayan . dan hasilnya sangat memuaskan
berbincang dari joran bambu ini sedikit banyak , mudah mudahan dapat memberi gambaran untuk temen -temen sebagai informasi , mudah- mudahan dapat bermanfaat .

Ditulis oleh Tatang Omah pancing Jogja.

Trimakasih ............










20 komentar:

hdayat mengatakan...

MANTABZ!

Anonim mengatakan...

Gan, kalo saya mau bahan (belum pakai guides)joran bambu ada gak? And harganya berapa? Thanks

Anonim mengatakan...

Kalo boleh minta info alamat/kontak telpon pengrajin joran bambu Jogja, matur nuwun.

omahpancingjogja mengatakan...

Lhooo .. kan omah pancing juga menerima custom rod bambu .

Anonim mengatakan...

Hhmm...kalo gitu mau beli joran bambu blank (tanpa guides & wrap) panjang 7'= 2.15M, ada ngak? Berapa harganya? No telp berapa? Thank you.

mancing ngawur mengatakan...

Kalo gue punya duit 200 rebu minta dibuatin custom rod bambu bisa ga mas tatang?

Anonim mengatakan...

mohon spesifikasi joran tombro yang bagus dengan harga yang sedang sedang saja (misal panjang kail yg ideal, jenis/merk senar, ukuran dll, karena saya baru belajar galatama tombro.sukur kl mas bisa kasih masukan pakan yang bagus pake apa krn kebetulan saya jg berdomisili di jogja. matur nuwun....roy_boshe@yahoo.com

OMAH PANCING mengatakan...

Selama ini pemancing galatama ikan mas sangatlah berfareasi umpan yang di gunakan , sesuai selera si pemancing sendiri , tapi yang sering di gunakan untuk mancing ikan mas ( galatama ) biasanya pakai umpan pepes lele , pepes ikan mas sendiri , dan juga bisa pakai pepes belut , atau yang lainnya ,dan juga ada yang pakai pelet pyur ( yang tenggelam ) pengambilan pakai pelet dug , juga ada yang pakai kroto , tapi kroto kalau main galatama biasanya terlalu mahal , karena harga kroto sendiri sudah mahal ,. dan juga ada yang main dengan pelet pyur di campur nasi ( sego bebek ) pengambilan ikan bisa pakai kapas atau pelet dug yang merah . Hal ini terserah ,.... mau pakai apa dan itu semua umpan andalan yang sering dipergunakan untuk mancing ikan mas ( galatama )

dedy9 mengatakan...

klu beli yang harganya 35 rb nan itu gmn? lebih murah kan?

Sugeng mengatakan...

gimana cara belinya bisa grosir berapa per stiknya?

opin mengatakan...

Saya tertarik. Bagaimana cara membelinya?

Anonim mengatakan...

tertarik dengan joran bambu....
sedia cincin ujung joran dari tanduk kerbau ( dijamin senar anti kriring ) hub'083 863 328 321

Anonim mengatakan...

saya punya lumayan banyak bambu bahan joran, kondisi direndam minyak goreng, kwalitas variatif, mulai harga 10 ribuan, tertarik? hub. 081227853323/sakinahtoko@yahoo.com

Anonim mengatakan...

alamat daerah mana Gan ????

hobbymancing mengatakan...

masbro, bisa terima pesanan dari luar kota kan? tolong tinggalkan telepon yg bisa saya hubungi.. terimakasih

Admin Info Kita mengatakan...

sob biasa mancing di daerah mana???

www.cetakduit.tk mengatakan...

daerah sukabumi asyik tuh gan untuk mancing

www.cetakduit.tk mengatakan...

daerah sukabumi asyik tuh gan untuk mancing

yudi bagus anongga mengatakan...

budget 300rb buat pancingan tombro dapat pak,,yg gagangnya bambu,,bambunya ndak usah yg mahal,,bahan jorannya aja dibagusin,,suwun pak

maslakon mengatakan...

kalau mau pesan caranya gimana mas?

Poskan Komentar